Majalah "Prestasi Anak Nusantara"

Rabu, 15 April 2015

ANNE AVANTIE: Pelopor Kebaya Modern



Dari sebuah bisnis penyewaan kostum yang dibangun di garasi depan rumahnya, Anne Avantie berhasil mengembangkan usahanya di bidang desain kebaya. Sebuah kolaborasi sempurna antara usaha menjual ide/pemikiran dengan keseriusan mengembangkan bisnis hingga menghasilkan produk yang sesuai selera konsumen kelas atas. Kini, Anne dikenal sebagai desainer pelopor kebaya modern.

Pada salah satu halaman di akun facebook pribadinya, Anne Avantie menulis, bahwa ia sungguh tak pernah membayangkan akan memiliki nama besar sebagai seorang disainer kebaya papan atas Indonesia. Dua puluh enam tahun lalu, Anne Avantie hanyalah seorang ibu rumah tangga dengan tanpa latar belakang pendidikan mode. Pendidikan formalnya juga tidak tinggi, hanya lulusan SMP. Akan tetapi, bakat seni dan kemampuannya membuat dan merancang baju yang dimiliki sejak kecil, menjadi modal Anne saat memulai peruntungan bisnisnya di bidang persewaan kostum-kostum tari dan kostum adat.

Suatu saat, Anne mencoba membuat show kecil-kecilan di sebuah arena sepatu roda di kampungnya. Tanpa diduga seusai show seorang MC memanggil, “Inilah desainer kita, Anne Avantie.” Rupanya, ucapan sang MC menjadi kenyataan.


Di kemudian hari, Anne benar-benar menjadi seorang disainer kenamaan yang karya-karyanya kerap menjadi andalan para selebritis, pejabat, petinggi negara dan para pesohor negeri ini. Sejumlah selebritis dan para pesohor tercatat menjadi pelanggan setia Anne Avantie seperti pasangan artis Atikah Hasiholan dan suaminya aktor Rio Dewanto, Krisdayanti dan Raul Lemos, Tantri Kotak, pasangan penyanyi Judica Idol dan Duma Riris, pasangan aktor dan aktris Surya Saputra dan Cyntia Lamusu, serta presenter Raffi Ahmad, isterinya Nagita Slavina serta ibunda Raffi, Ami Canita.

Kebanyakan dari mereka mengaku menyukai kebaya rancangan Anne Avantie karena Anne mengerjakannya dengan tingkat keseriusan dan ketelitian yang tinggi sehingga selain nyaman dipakai juga nyaman untuk dilihat. “Kebaya Mbak Anne adalah sebuah kemewahan, mahakarya yang layak untuk dikoleksi,” ujar penyanyi Krisdayanti.


Sebagai desainer, Anne mengaku selalu bekerja dengan sangat serius dan memperhatikan setiap detil rancangannya. Mulai dari proses pemilihan bahan, proses pemotongan kain, proses menjahit dan terutama finishing (pembuatan hiasan dengan payet dan batu-batu). Menurutnya, sedikit saja kesalahan dalam pemasangan detil hiasan dapat merusak tampilannya sehingga mengurangi kepuasan konsumen. Sebaliknya, kebaya yang dikerjakan dengan teliti dan serius akan menghasilnya sebuah produk yang akan terlihat glamour dan mewah sehingga mampu memancarkan daya pikat bagi pemakainya kepada siapa saja yang melihat. “Saya rasa apapun bisnisnya, sebagai pengusaha orientasi kita adalah kepuasan tertinggi konsumen. Karena, tanpa mereka (pelanggan) kita pasti bukan siapa-siapa,” kata Anne.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar