Majalah "Prestasi Anak Nusantara"

Senin, 14 Juli 2014

Aceh, Juara Pidato Bahasa Jepang


JULIE INDAH FAJRIANI, siswi kelas 2 SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh, tampil sebagai juara lomba pidato Bahasa Jepang tingkat nasional ke-13. Julie sukses meraih predikat “sang juara” itu pada lomba yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation dan berlangsung di Auditorium RRI Jakarta, Sabtu 8 Februari 2014. Ia membawakan topik mengenai pentingnya pemakaian helm bagi keselamatan dalam berkendaraan (motor).

Julie mampu memikat penilaian para juri dan menetapkan dirinya sebagai juara. Dara kelahiran Takengon, Aceh Tengah, pada tahun 1998, ini mengalahkan 12 peserta lainnya, yang berasal dari delapan regional se-Indonesia, yakni Sumatera Barat, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan NTB, serta Sulawesi Utara. Sebelumnya, Julie tercatat sebagai juara pertama lomba pidato Bahasa Jepang tingkat regional Aceh – Sumatera Utara saat berlangsung di Medan. “Alhamdulillah. Rasanya kebahagiaan dan kebanggaan ini tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata,” ujar Julie sambil memegang piala juara.

Sebagai juara nasional, Julie yang kehadirannya di Jakarta didampingi oleh orangtuanya Edy Mofizal, selain memperoleh tropi-piala dan sertifikat, juga mendapatkan kesempatan mengikuti program Japanese Speech Award (JSA) dari Education Guardianship Group (EGG) selama dua minggu di Tokyo, Jepang. Menurut perwakilan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Shindo Yusuke, “Semua peserta sudah sangat mengerti bahasa dan budaya Jepang. Saya harap di masa mendatang mereka semua dapat menjadi jembatan penghubung untuk semakin mempererat hubungan Indonesia dan Jepang.” ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar