Majalah "Prestasi Anak Nusantara"

Senin, 14 Juli 2014

ITS, Air Bersih dari Air Laut


(sumber foto: itc.ac.id)

BELUM LAMA BERSELANG, situs its.ac.id merilis sebuah prestasi menarik: “Penghasil Air Bersih dari Air Laut Karya Mahasiswa ITS”. Ide pembuatan alat “penghasil air bersih dari air laut” ini dimulai pada saat kegiatan bedah pesisir yang dilakukan oleh “UKM Maritime Challenge Institut Sepuluh November Surabaya (ITS)”, di mana seluruh peserta menemukan permasalahan krusial perihal air bersih yang dialami oleh warga masyarakat Klampis Barat, Bangkalan, Madura. Bahkan ada warga yang menggunakan air laut yang asin itu untuk konsumsi air minum!

Merasa tergugah, sepulang dari Madura beberapa anggota UKM-ITS berusaha mencari solusi. Mereka lalu membuat alat yang dapat mengubah air laut menjadi air siap pakai atau air bersih. Alat yang awalnya dimaksudkan untuk membantu warga masyarakat Klampis Barat yang mengalami masalah air bersih itu dinamakan Destilation Water Treatment Concept (D-WERC). Proses pembuatan alat D-WERC itu didukung penuh oleh Ditjen Pendidikan Ting­gi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program “Hibah Bina Desa”. Dan, berhasil.

D-WERC karya sejumlah mahasiswa ITS ini memiliki tiga tahapan dalam proses penjernihan air laut. Tahap pertama adalah filtrasi, yang me­rupakan proses penyaringan sederhana partikel air laut. Tahap kedua adalah ionisasi, guna menghilangkan zat anion dalam air laut. Kemudian ketiga adalah tahap distilasi yang menghasilkan air bersih sekitar 225 liter. Agar kualitas air menjadi lebih baik, sistem kerja D-WERC bisa dilengkapi dengan bantuan bahan tambahan, yakni pasir silika, untuk memaksimalkan penjernihan air laut. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar