Majalah "Prestasi Anak Nusantara"

Selasa, 01 Juli 2014

Maluku, Prestasi Pesepak-bola Belia

TOREHAN PRESTASI MALUKU di dunia sepak bola tak pernah surut. Belum lama ini, sejumlah anak muda Maluku meraih “juara nasional” Futsal Seri B. Walau terhenti di 16 besar pada final piala Danone Regional Makasaar (18-19 Januari 2014), namun belasan siswa SD dan SMP di Kota Ambon yang tergabung dalam tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Masariku 733/Raider itu, tetap berbangga hati dan pulang dengan wajah terangkat. Terlebih, SSB yang baru terbentuk sekitar dua bulan itu berhasil mendapat predikat tim Fair Play.

Menurut Pelatih SSB Masariku, Praka Bambang Sela, dari tiga laga yang mereka lakoni hingga babak 16 besar, tak satu pun anak asuhnya yang diganjar kartu kuning, apalagi kartu merah. Bahkan saat menghadapi Tim Redland dari Pomala Sulawesi Tenggara, SSB Masariku mendapat “kartu hijau”. Kartu hijau adalah persyaratan untuk mendapatkan predikat tim Fair Play. “Bagi kami, ini sangat membanggakan. Ini adalah even perdana kami, dan kami sudah bisa bersaing dengan SSB lainnya di tingkat nasional, walau itu baru di regional Kawasan Timur Indonesia (KTI),” katanya.

Pada final pila Danone Regional Makassar, terdapat 47 tim yang bertanding. Mereka berasal dari sejumlah SSB dari Ambon, Kendari, Palu, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan. Karena perkembangan sepak bola Maluku yang dinilai bagus, ada sinyalemen kalau tahun 2014 ini, Maluku bisa dianggap mandiri dalam melaksanakan kualifikasi regional sendiri. Sehingga pemenang kualifikasi piala Danone di Maluku tidak lagi mengikuti final regional di Makassar, tapi langsung mengikuti final antar regional di Jakarta. Mudah-mudahan. ***

(Majalah SINARA Edisi Juli-Agustus 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar