Majalah "Prestasi Anak Nusantara"

Sabtu, 25 April 2015

GITA NASUTION: Obat Diabetes, Penemuan yang Menyelamatkan




Kegagalan demi kegagalan yang dihadapi tak membuat Gita Adinda Nasution menyerah. Hingga tercipta obat diabetes berbahan dasar tebu yang menyelamatkan ribuan jiwa.

Sakit diabetes yang diidap sang ayah, Bisman Nasution, mendorong Gita Adinda Nasution berinovasi. Mahasiswa semester 5 Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU) ini berhasil menciptakan obat diabetes yang diberi nama Kolagit,  berbentuk serbuk dan dikonsumsi seperti kopi.

Sejak Gita berusia 12 tahun, diabetes telah bersarang di tubuh sang ayah. Bobot Bisman yang sebelumnya 100 Kg perlahan susut. Penglihatannya kabur, bahkan berjalan perlu dibantu. Kadar gula dalam darah ayahnya pernah mencapai 450 mg/dL, normalnya  berada dalam kisaran 120-140 mg/dL. Karena itu sang ibu, Lismawarti, protektif mengatur menu makan. Hanya kentang dan ubi rebus yang dikonsumsi.

Melihat kondisi sang ayah, Gita membulatkan tekad menciptakan obat tanpa larangan. Dengan kata lain, sang ayah masih bisa mengonsumsi makanan sesuai selera. Untuk itu, saban hari Gita membaca banyak buku kesehatan di perpustakaan. Sesampai di rumah, ia coba mempraktikkan ilmu yang diperoleh tanpa bantuan siapapun.


Jauh sebelum menemukan formula Kolagit untuk mengobati diabetes, Gita tergila-gila dengan bermacam-macam herbal dan senang mengamati tanaman. Bahkan, ia hobi membaca buku-buku herbal. Sampai-sampai Gita dianggap kurang waras oleh teman-temannya. Namun demikian, banyak orang yang meminta saran kepadanya mengenai herbal. Tak sulit bagi Gita menemukan bahan karena sekolahnya SMA Negeri 2 Plus Sipirok, salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Tapanuli Selatan, terletak di dekat  hutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar