Majalah "Prestasi Anak Nusantara"

Senin, 09 Maret 2015

Sukses UI Dalam TEIMUN dan iGEM 2014





Universitas Indonesia (UI) kembali mengukuhkan posisinya sebagai Juara Umum kompetisi internasional simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau “The European International Model United Nations (TEIMUN) 2014” yang berlangsung beberapa waktu lalu di Den Haag, Belanda. Selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2011, delegasi mahasiwa UI mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia dengan berhasil menyandang gelar juara dalam kompetisi TEIMUN.

Tak hanya dalam TEIMUN 2014, Tim UI pun sukses meraih medali emas di kompetisi rekayasa genetik internasional atau “International Genetically Engineered Machine (iGEM)” yang berlangsung di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston, AS, baru-baru ini. iGEM 2014 diikuti oleh 2.300-an peserta dan 246 tim multidisiplin dari berbagai negara di seluruh dunia. Empat tim di antaranya berasal dari Indonesia, yang mengirimkan tim dari UI, ITB, Universitas Brawijaya (UNIBRAW) dan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Pada perhelatan ini, Indonesia merupakan satu-satunya negara dari wilayah Asia Tenggara (ASEAN), karena tak adanya kampus lain dari ASEAN yang ikut selain dari Indonesia.

Tim iGEM UI terdiri dari delapan orang, yaitu Siska Yuliana Sari, Robby Hertanto, Vanessa Geraldine, Anasthasia, Diana Christina, Gede Yuda Sugiarta, Etri Dian Kamila, dan Anggoro Wiseso. Mereka berhasil menyabet medali emas atas proyek penelitian di bidang Health and Medicine yang meneliti tentang beberapa bakteri patogen, yang di antaranya dapat menyebabkan penyakit kolera. Ketika bakteri patogen berkumpul, bisa membentuk koloni dan kemudian bakteri akan membentuk biofilm yang dapat menyebabkan bakteri itu resisten terhadap antibiotik. Untuk itu, Tim iGEM UI mengusulkan ide baru untuk menjawab masalah biofilm dan resistensi bakteri itu dengan menggunakan ilmu sintetik biologi dan rekayasa genetika.

Tim iGEM UI 2014 adalah tim Indonesia pertama dari section undergraduate yang berhasil meraih medali emas dalam kompetisi bertajuk “Synthetic Biology based on Standard Parts” ini. Tahun sebelumnya, 2013, Tim UI mendapat perak, sedangkan UNIBRA serta UTS meraih perunggu dan Chairman Award. Tim ITB dari section overgraduate mendapatkan emas. Kompetisi iGEM 2014 diikuti oleh para peserta dari sejumlah kampus terkemuka dunia, seperti Harvard, MIT, TU Delft, dan lainnya. ***

(Selanjutnya, simak pada edisi cetak No.03/II/2015 [Maret]. Dapatkan di Toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Book & Beyond, Koperasi Mahasiswa, dll).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar